Awas, Blogging Bisa Membuat Kecanduan

Senin, Oktober 26, 2009

Beraktifitas lewat blog atau blogging memang banyak kegunaannya. Dengan blogging kita bisa mengekspresikan diri kita sendiri tanpa intervensi dari orang lain. Kita bisa mengungkapkan perasaan kita secara bebas, asal jangan memfitnah dan RASIS aja. Yah dapat dikatakan dengan blogging emosi yang ada didalam hati bisa tersalurkan secara positif.

Selain kita bisa mengungkapkan perasaan kita, dengan blogging kita juga bisa menuliskan apa yang menjadi minat kita. Jika anda mempunyai minat tertentu, anda bisa menuliskannya tentang itu sehingga blog andapun mempunyai tema yang sesuai dengan miat anda.


Jika anda berminat terhadap suatu hal, pasti anda mempunyai banyak sumber belajar dan referensi. Nah dengan pengetahuan yang anda punya anda bisa membagikannya dengan orang lain diluar sana yang mungkin membutuhkan informasi dan tutorial panduan dari anda. Dan nantinya anda menjadi terkenal di bidang anda, karena ternyata banyak orang yang menjadikan blog anda sebagai bahan referensi.

Ketenaran ini yang menjadikan anda merasa puas. Apakah rasa puas yang dicari saat blogging? Tidak, ada tujuan lain seseorang blogging, UANG! Yah, katanya dengan blogging bisa mendapatkan uang. Dengan ikut program affiliasi, adsense, paid to review, atau yang lainnya. Mungkin uang yang didapat hanya bersifat menambah uang saku saja, tapi katanya banyak blogger yang bisa blogging full time dan mendapatkan banyak uang, sehingga baginya blogging adalah sebuah pekerjaan.




Tapi apapun yang anda peroleh dari blogging, menurut saya blogging adalah kegiatan yang menyenangkan. Itu kenapa kita harus berhati-hati. Sebagai blogger, kita tidak mempunyai boss, kita bisa mengerjakannya kapan saja dan dimana saja. Ini intinya, meskipun kelihatannya bebas dan menyenangkan, blogging memiliki sisi buruk yaitu pada saat kita tidak blogging kita merasa "harus" blogging lagi.

Perasaan ini banyak menjangkiti blogger karena blogging adalah sebuah aktifitas yang tidak pernah selesai. Para blogger pasti sudah mengetahui kalau search engine menyukai konten asli yang selalu baru dan banyak link balik ke konten tersebut. Sebagai blogger dengan anda memposting konten baru, maka search engine akan "menyukai" blog anda dengan mengindexnya. Selain itu, dengan lancarnya lalu lintas di blog anda, ini berarti peluang anda mendapatkan uang menjadi lebih besar.

Sebelum kita menyadarinya, blog adalah sesuatu yang penting dalam hidup kita. Kita mulai duduk menghabiskan waktu didepan komputer, mengabaikan kesehatan (biasanya enak kalo ngeblog sambil ngopi dan ngerokok), lupa mandi, mengerjakan tugas, keluarga dan melupakan teman-teman. Jika anda mengalami gejala ini, anda sudah KECANDUAN blogging, dan sulit untuk berhenti.

Untuk masalah ini, kita harus bisa mengatur waktu. Kitalah yang mengatur blog, bukan sebaliknya. Sehari sekali kita update konten kita itu sudah cukup. Mulai kembalilah dikehidupan nyata. Saya tidak mengatakan blogging itu jelek, tetapi aturlah sehingga tidak mengganggu kegiatan yang lain, dan meninggalkan kehidupan nyata kita.

Semoga bermanfaat.
Happy Blogging

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang artikel ini. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan tulis pertanyaan anda, mudah-mudahan saya bisa segera membantu.


8 komentar:

Osi mengatakan... [Jawab]

Kayaknya aku orang yang dah kecanduan blogging...

Kadang lupa waktu...tp skrng dah bs terkendali.

Blogspotcorner mengatakan... [Jawab]

Link dah terpasang. mohon link balik. thanks

Blogspotcorner mengatakan... [Jawab]

Oke, linknya dah saya edit

jaloee mengatakan... [Jawab]

heheh.. setuju bangeut seharusnya kita harus pandai2 mengatur waktu

oh iye

kek na script page view na ngga berjalan normal mas

puisi cinta mengatakan... [Jawab]

waduh, saya sudah kecanduan ngeblog gimana nih..?

kopi sama rokok emang temen yang pas buat ngeblog...
tapi kalo lupa mandi nggak deh..!!!!

yogo mengatakan... [Jawab]

@ jaloee : iya nih, kepaksa deh ganti tempate.
@ puisi cinta : yg lupa mandi saya kayaknya...

insan mengatakan... [Jawab]

hahaha,,,jd kesindir niy mas...
ini kan bulan kedua sy blogging. jd lagi nyandu2nya.
parahnya, lg di tempat kerja sampai pacaran, pikiran ma hati ke kamar trus..males sosialisasi di dunia nyata...
tp skrg lg brusaha kontrol sih..

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ insan :

hahaa....ya mudah2n berhasil deh..

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |