Medang Kamulan - Kerajaan Pertama Di Jawa?

Jumat, Oktober 02, 2009

Di posting saya terdahulu tentang perjalanan sejarah kerajaan kuno di indonesia, Kerajaan Medang Kamulan menempati posisi pertama sebagai kerajaan pertama yang ada di Jawa. Medang Kamulan adalah wilayah atau kerajaan setengah mitologis yang dianggap pernah berdiri di Jawa Tengah dan mendahului Kerajaan Medang (kamulan berarti "permulaan", jadi "Medang Kamulan" berarti "pra-Medang"). Kerajaan ini dikatakan "setengah mitologis" karena tidak pernah ditemukan bukti-bukti fisik keberadaannya.


Sumber-sumber mengenai kerajaan ini hanya berasal dari cerita-cerita rakyat (misalnya dalam Legenda Loro Jonggrang) dan penyebutan oleh beberapa naskah kuno. Cerita pewayangan versi Jawa menyebutkan bahwa Medang Kamulan adalah tempat bertahtanya Batara Guru. Dalam legenda Aji Saka, Medang Kamulan adalah negeri tempat berkuasanya Prabu Dewata Cengkar yang lalim. Cerita rakyat lain (di antaranya termasuk legenda Loro Jonggrang dan berdirinya Madura) menyatakan, Medang Kamulan dikuasai oleh Prabu Gilingwesi.

Legenda Aji Saka sendiri menyebutkan bahwa Bledug Kuwu di Kabupaten Grobogan adalah tempat munculnya Jaka Linglung setelah menaklukkan Prabu Dewata Cengkar. Van der Meulen menduga, walaupun ia sendiri tidak yakin, bahwa Medang Kamulan dapat dinisbatkan kepada "Hasin-Medang-Kuwu-lang-pi-ya" yang diajukan van Orsoy, dalam artikelnya tentang Kerajaan "Ho-Ling" yang disebut catatan Tiongkok. Hal ini membuka kemungkinan bahwa Medang Kamulan barangkali memang pernah ada.

"


Baris ke-782 dan 783 dari naskah kedua Perjalanan Bujangga Manik dari abad ke-15 menyebutkan bahwa setelah ia (Bujangga Manik) meninggalkan Pulutan (sekarang desa di barat kota Purwodadi) ia tiba di "Medang Kamulan". Selanjutnya, dikatakan pula bahwa setelah ia menyeberang Sungai Wuluyu tibalah ia di "Gegelang" (Madiun selatan), di selatan "Medang Kamulan". Naskah inilah yang pertama kali menyebut bahwa memang ada tempat bernama Medang Kamulan, meskipun tidak dikatakan bahwa itu adalah kerajaan.

Masyarakat Sunda diketahui mengenal legenda mengenai kerajaan ini, yang dikatakan mendahului Kerajaan Sunda Galuh.

Sumber : Wikipedia

Silahkan tinggalkan komentar anda tentang artikel ini. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan tulis pertanyaan anda, mudah-mudahan saya bisa segera membantu.



4 komentar:

Anonim mengatakan... [Jawab]

di dearah Bandarejo ada petilasan kerajaan Medang Kamulan, masuk Kecamatan Gabus dan eks Kawedanan Grobogan, sekitar perbatansan antara Blora dan Grobogan, waktu kecil pernah main kesana dan ada petilasannya di desa Bandarejo

Anonim mengatakan... [Jawab]

di peta Junghuhns 1836 juga disebutkan ada Medang Kemoelan disebelah timur Wirosari, Grobogan

arys mengatakan... [Jawab]

coba cerytanya lbh lngkap

Anonim mengatakan... [Jawab]

denger denger ditemapt saya yaitu karisidenan madiun ada situs peninggalan sejarah berupa situs petilasan bngunan kuno kalau ga salah terletak didesa purwodadi kabupaten magetan

Poskan Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |