Yang Seharusnya Dilakukan Blogger Di Bulan Pertamanya

Rabu, Oktober 21, 2009

Sebagai seorang blogger, kita pasti ingat bulan-bulan pertama kita blogging. Jika kita refleksikan lagi, kita akan ingat kesalahan-kesalahan yang pernah dilakukan. Itu wajar, karena sebagai blogger baru, kita memang sudah seharusnya banyak belajar dan mencoba berbagai cara agar sukses. Pada artikel ini, saya mencoba berbagi pengalaman untuk membantu blogger pemula di bulan-bulan pertama mereka blogging.


Seperti pada umumnya pemula, kita akan mencari berbagai tutorial untuk membantu kita, mulai dari cara membuat blog, memodifikasi template, hacking, menulis artikel, dan mempromosikan blog. Kali ini saya akan membahas mengenai apa yang seharusnya dan tidak seharusnya dilakukan blogger pada bulan pertamanya.

Yang seharusnya dilakukan :


Sempatkan waktu untuk anda untuk menulis konten untuk blog anda.


Dalam menulis, anda harus berjuang. Karena tulisan andalah yang akan mengarahkan orang untuk mengunjungi blog anda. Semakin menarik tulisan anda, maka semakin banyak pengunjung blog anda. Dan ini yang akan membuat rasa "ketagihan", sehingga mereka akan selalu kembali mengunjungi blog anda.

Cobalah meminta saran ke blogger master


Sebagai blogger baru, anda mungkin ingin segera memulai dan berbagi konten anda. Namun ketika anda masih kurang pengalaman anda lebih rentan dalam membuat kesalahan dasar. Kita semua membuat kesalahan, itu adalah bagian proses belajar, namun beberapa kesalahan seperti memilih nama domain atau tidak menetapkan pengaturan dasar dari sebuah blog seperti permalinks mungkin akan sulit untuk memperbaikinya di kemudian hari.

Bagaimana cara mendapatkan saran? Cobalah anda meminta umpan balik di forum-forum blog, atau dengan cara bertanya di kolom komentar pada artikel blog yang anda baca. Pendekatan yang ramah dan apa adanya akan membawa mereka mengunjungi blog anda dan memberikan jawaban atas pertanyaan anda.

Bangun kredibilitas sosial anda.


Ini berhubungan dengan promosi blog. Memang, kita semua mempunyai keinginan agar blog kita terkenal. Berpromosilah dengan cara yang elegan. Jangan buang-buang waktu untuk mengirim email masal, membuat url blog sebagai tanda tangan dimana-mana. Bergabunglah di komunitas-komunitas dan berkontribusi disana dengan berbagi artikel yang bermutu. Dengan cara ini orang yang akan membaca tulisan anda akan mengklik link blog anda.

Mintalah umpan balik.


tanyakan pada teman, saudara, dan pengunjung blog anda tentang artikel yang anda tulis. Dan anda juga bisa bertanya apakah blog anda terlihat profesional.



Jangan membuang waktu di jejaring sosial.


Biasanya blogger cenderung membuang waktu di twitter, facebook, atau jejaring sosial lainnya. Dari pada membuah waktu anda disana lebih baik submit artikel anda secara otomatis, sehingga anda bisa fokus pada perkembangan blog anda dengan menulis artikel-artikel yang berbobot.

Jangan terfokus untuk menghasilkan uang.


Anda mungkin berpikiran bisa meninggalkan pekerjaan anda dan menjadi blogger profesional yang dapat menghasilkan uang dari blogging. Yah, itu mimpi, cobalah realistis! Lihat blog yang banyak menaruh iklan, sepet ngeliatnya. Jadi andapun jangan berbuat yang sama, karena dengan menaruh banyak iklan maka blog anda terlihat sangat komersil. Fokus saja pada penulisan artikel yang berbobot.

Jangan jadi spammer.


Di blog saya atau mungkin blog yang lain anda mungkin sering melihat komentar seperti ini :

Bagus, makasih ya...

alamatblog.com

Itu adalah spam! Mereka hanya berharap mendapatkan backlink, tapi kenyataannya tidak. Berkomentarlah dengan bijak dan saling membangun. Daripada anda berkomentar seperti contoh diatas, lebih baik kritisi isi artikel yang anda baca. Dengan cara ini pemilik blog akan merasa terbangun untuk menjadi lebih baik, dan pengunjung lain yang membaca komentar anda akan "penasaran" mengunjungi blog anda.

Jangan sok jago.


Biasakanlah menulis dan berkomentar secara bijak dan rendah hati. Ingat, anda bukan satu-satunya blogger di dunia ini.

Jangan habiskan waktu anda untuk online.


Isirahat, bekerja, berolahraga, nongkrong, itu penting bagi anda. Mungkin kegiatan ini akan menjadi inspirasi anda.

Apakah anda pernah mengalami kesalahan-kesalahan tersebut diatas? Jika anda pernah mengalaminya, silahkan menambah atau kritisi artikel ini untuk membantu teman-teman kita.

Happy blogging.

Jika artikel ini berguna bagi anda, silahkan memberi komentar. Jika ada pertanyaan tentang artikel ini silahkan tulis pertanyaan anda, mudah-mudahan saya bisa segera membantu.

Silahkan klik salah satu link berikut untuk menyumbang penulis supaya bisa terus menulis artikel.


3 komentar:

pmisi boz...
klo tukeran link...
itu bwt apa c ? ?
gag taw nih...dari kegunaannya dan manfaatnya..
cz aq nge blog baru 2 minggu..ehehehehw

mksh y ? ? lokal-terbaik.co.cc

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ Rosi Kristyawan Sriyanto :
Tukeran link gunanya untuk menyebar backlink. Semakin banyak backlink maka traffic blog kita semakin bagus...

Seblank mengatakan... [Jawab]

Tukar link ini apakah juga termasuk dari optimalisasi SEO boss?
semisal tanpa mengandalkan backlink,cara temudah agar blog/web kita bisa terindeks dengan cepat oleh google gimana ya? mengingat kapasitas saya yg sangat minim ini..

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |