Pindah Kerja, Kenapa Tidak?

Rabu, Maret 31, 2010

Tadi siang ada teman yang mengajak diskusi tentang pekerjaannya. Berbagai masalah di tempat kerjanya dia ungkapkan. Karena saya kurang paham dengan dunia kerja dia, maka saya hanya memposisikan diri sebagai pendengar saja tanpa memberi komentar. Pada akhirnya teman saya ini memutuskan untuk mencari tempat bekerja yang baru atau ingin pendah kerja.

Setelah saya pikir-pikir ternyata saya tadi hanya bertugas mendengarkan keluhan teman saya akan pekerjaannya dan memberikan sedikit penguatan atau dukungan agar dia berani memutuskan untuk pindah kerja seperti yang dia inginkan.

Dari keluhan teman saya tadi, menarik bagi saya untuk berbagi dengan pembaca semua mengenai alasan-alasan mengapa kita memutuskan untuk pindah kerja.

1. Bosan.
Jika kita mengerjakan sesuatu yang monoton, pasti kita merasa bosan. Demikian juga jika kita rutin mengerjakan pekerjaan yang itu-itu saja, pasti perasaan bosan akan muncul dan menguasai pikiran kita. Biasanya kala bosan datang kita mulai berpikir untuk melakukan kegiatan lain atau pekerjaan lain yang berbeda.


2. Gaji Kurang Mencukupi Kebutuhan.
Kita bekerja pasti karena ingin mendapatkan gaji, karena gaji tersebut yang akan kita gunakan sebagai biaya hidup. Jika gaji yang kita terima kurang mencukupi kebutuhan hidup kita, banyak diantara kita yang memutuskan untuk mencari pekerjaan baru yang memberikan gaji yang lebih besar.

3. Kurang sepakat dengan management.
Ini alasan yang sering diungkapkan. Saya kurang memahami mengenai ketidaksepakatan ini. Apa masalah jam kerja? sistem kerja? lembur? atau yang lain. Mungkin diantara pembaca ada yang ingin menjelaskan poin ini?

4. Prestasi yang tidak dihargai.

Sudah menjadi bawaan manusia sepeertinya jika berhasil melakukan sesuatu yang istimewa maka dia akan senang bila diberi penghargaan, bisa berwujud tepuk tangan, sorak sorai, atau bahkan hadiah atau uang. Jika ditempat kerja jarang memberikan penghargaan atau tidak pernah, maka biasanya kita akan memutuskan untuk mencari tempat bekerja baru yang bisa memberikan fasilitas ini.

5. Status kepegawaian.
Jika status kita sebagai pekerja tetap/ permanen mungkin akan berbeda perasaannya jika status kita hanya pekerja kontrak atau bahkan honor.

Mungkin itu alasan yang sering digunakan manakala kita akan pindah kerja. Mungkin diantara anda ada yang ingin menambahkan, silahkan.

2 komentar:

Sip, bang!
Cuma ada satu lagi, mungkin kondisi tempat kerja yang kurang kondusif bisa juga

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ terserah
betul, memang kondisi tempat kerja sangat berpengaruh.

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |