Plugin, Widget, Dan Permalink

Jumat, November 27, 2009

Pasti anda sudah sering melihat kata-kata ini : plugin, widget, dan permalink. Sebagai seorang blogger tentu anda sudah sering melihat kata-kata tersebut dan mungkin sering mengutak atiknya. Tetapi apa sebenarnya plugin, widget, dan permalink ini? Apa saja kegunaan mereka untuk blog? Mari kita bahas satu persatu.

PLUGIN

Plugin adalah sebuah program kecil yang berjalan dalam sebuah blogging platform (misalnya wordpress.org). Mereka bukanlah sebuah program yang bisa berjalan sendiri, melainkan bekerja dibawah perangkat lunak blog. Nah fungsi dari plugin ini untuk memperluas kinerja atau bersifat menambah kinerja dari perangkat lunak blog itu sendiri.

Dengan memasang plugin di blog, anda sebagai pemilik blog atau blogger akan dimudahkan untuk menambah foto, video, atau konten lain di blog anda. Dan membuatnya lebih mudah dibaca oleh pengunjung blog anda.

WIDGET

Widget adalah sebuah tool yang digunakan untuk menambah performa blog. Biasanya dipasang di sidebar blog. Seperti plugin, widget bisa ditambahkan pada sebuah blog, dan dapat dirubah posisinya dengan cara di drag (klik lalu seret) ke tempat yang diinginkan.

Standar widget untuk blogspot platform seperti Followers, Labels, Logo, Header, Arsip, Links, dll. Sedangkan widget standar untuk wordpress adalah RSS , Text, Blogroll, Kalender, Recent Post, Archives, Pages, Kategori.


PERMALINK

Untuk setiap posting blog pasti diberikan alamat atau url tersendiri. Masing-masing posting akan mempunyai url yang berbeda. Halaman web juga mempunyai alamat atau url tersendiri. Alamat atau url inilah yang disebut sebagai permalink.

Di wordpress, secara default permalink memiliki bentuk sebagai berikut :

http://bloganda.com/?p=28/

p untuk post dan 28 adalah nomor yang diberikan oleh wordpress untuk posting anda. Anda bisa merubah permalink ini agar lebih informatif dan mudah diingat seperti http://bloganda.com/judul-posting-anda/

Sedangkan untuk blogspot, permalink mempunyai bentuk seperti ini :

http://bloganda.com/2009/11/judul-posting.html

2009 adalah tahun pada saat kita mempublish pasting kita, 11 adalah bulan saat posting diterbitkan, dan judul-posting ya judul dari posting kita.

Sayangnya kita tidak bisa mengganti permalink di blogspot. Sehingga kita harus sangat hati-hati dalam memilih judul posting, usahakan sependek mungkin dan sejelas mungkin. Kenapa harus pendek? Karena jika judul posting kita terlalu panjang maka akan terpotong, sehingga permalink jadi terlihat aneh, dan katanya mengganggu SEO.

Mudah-mudahan posting ini berguna bagi anda, jika ada kesalahan mohon dibetulkan. Atau anda mau menambahkan beberapa penjelasan?

Happy blogging.

6 komentar:

si Rusa Bawean mengatakan... [Jawab]

yup
makasih bos ulasan tentang istilah2nya

sering denger tapi
kalo disuruh ngartiin blom tentu tau
:D

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ si Rusa Bawean :

Ok sob, mudah2an tulisan ini bisa membantu. Saya yakin masih banyak istilah lain yang kita sering pakai dalam blogging namun kurang mengetahui makna sebenarnya. Ada yang mau ditambahkan?

insanitis37 mengatakan... [Jawab]

waahh, baru aja mau ditanyain, eh langsung kejawab (kenapa bisa gitu ya?di-betul-kan kah??)
tdinya sy mau nanyain apa url postingan di blogger bisa di rubah atau engga?? oh gak bisa ya??
mmhh,,y udah. nasi udah jd bubur, hehe
Trim y mas...oh ya, YM nya udah aku add tuh, tinggal nunggu konfirm dr mas..

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ insanitis37 :

Hehehe....lain kali hati2 ya bikin judul...

OK, makasih udah add id YM saya. Nanti saya konfirm...

trik adsense mengatakan... [Jawab]

Alhamdulillah, akhirnya ketemu juga jawabannya. jadi begitu ya arti dari masing-masing kata tersebut. lanjutkan mas untuk memposting artikel-artikel yang sangat informatif.

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ trik adsense :
makasih mas apresiasinya, semoga berguna.

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |