Menjadi Blogger Profesional ?

Selasa, Desember 15, 2009

Menjadi seorang blogger dewasa ini tidak hanya sebagai hobi saja. Banyak blogger diluar sana yang berhasil mendapatkan uang dari blogging, sehingga pekerjaan ini dibuat sebagai pekerjaan utamanya. Memang enak sih jadi fulltime blogger, selain bisa menyalurkan hobi juga bisa menghasilkan uang.

Jika anda seorang blogger atau ingin menjadi seorang blogger, anda pasti sudah mengetahui bahwa tugas utama anda adalah menulis artikel-artikel yang menarik dan dibutuhkan oleh banyak orang. Tidak perlu kemampuan teknis yang handal untuk melakukan ini, karena blog berbeda dengan website. Yang penting disini adalah kemampuan menulis anda saja, yah sedikitlah kemampuan teknis untuk sekedar mengedit template blog anda.

Yang dilakukan di blog

Kalau anda adalah blogger profesional yang hidup dari menulis artikel, maka anda hanya akan terfokus dengan aktifitas ini. Bekerja secara teknis semisal mengedit template, memilih domain, bermain-main dengan javascript, mengedit css, itu hanya pekerjaan sampingan saja. Yang utama adalah membuat konten menarik untuk langganan anda. Membuat konten yang menarik bukanlah pekerjaan yang mudah, dibutuhkan keahlian serta latihan yang tidak sebentar.

Selain menulis, anda juga akan disibukan dengan menjadi moderator untuk tulisan anda. Menjawab pertanyaan pembaca, menjelaskan sesuatu yang mereka tanyakan adalah aktifitas yang mungkin disenangi oleh kebanyakan blogger. Karena dengan kita berinteraksi dengan pembaca melalui komentar ini, seolah ada ikatan batin antara blogger dengan pembacanya.

Membaca untuk menambah referensi.

Jika anda ahli dalam bidang tertentu, itu tidak berarti bahwa anda tahu segalanya akan bidang tersebut. Karena setiap hari akan ada ide dan fakta baru yang muncul. Kita masih perlu untuk membaca blog lain dan melihat topik yang sedang hangat dibicarakan, apa pandangan yang dominan, dan ide-ide baru yang disarankan. Mungkin akan ada penemuan baru yang menjadi tren dan banyak pembaca yang mencarinya.

Promosikan blog anda.

Hari-hari ini blog ini tidak terbatas pada satu situs di mana Anda menulis dan mempublikasikan tilisan anda saja. Secara umum, anda harus membuat diri anda terkenal di media sosial juga. Facebook, Twitter, dan YouTube adalah suatu komunitas online di mana anda dapat menemukan blogger potensial yang mencari jenis informasi yang anda publikasikan di blog anda.

Dengan kata lain, itu akan membantu Anda sebagai seorang profesional blogger untuk mendapatkan pembaca sebanyak mungkin dari situs tersebut. Oleh karena itu, anda perlu aktif menunjukkan keberadaan anda di situs sosial dan membuat blog anda terkenal.

Happy blogging

11 komentar:

insanitis37 mengatakan... [Jawab]

Senangnya bila menjadi fulltime blogger. Tp tetep komersil, hehe
JAdi ingat kata Ayu Utami: 70% pekerjaan penulis adalah membaca
Kita bisa memaksimalkan ini sewaktu blog walking. Jadi walkingnya jgn cuma lgsg ke shoutbox aja, nyuekin jerih payah yg punya rumah. Mana itu juga pake copas lagi, hehe (pengalaman pribadi banget)
Tp menurut pengamatan saya blogger yg berhasil itu saat ia memiliki karakter yang kuat. Ciri yg identik. Entah itu dari konten ataupun style. Intinya yang dapat membuat kita mudah diingat pengunjung dan mereka kecanduan pada psoting kita...
Tips yg bagus mas..menarik
Btw, kemana aja nih??hehe

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ insanitis37 :

Setuju, kadang pada saat kita blogwalking kita kadang menemukan ide untuk ditulis. Nah...itu kenapa saya gak pasang shoutbox, males nanggepin spam...

Makasih tambahan infonya. Iya nih agak terbengkalai ni blog, sibuk sama kerjaan soalnya...

Makasih kunjungannya...

waaw.. mantabb pak referensi untuk menjadi blogger profesional.. masukkan untuk semua agar semakin bersemangat untuk berblogging dan berbagi lewat blog.. sukses selalu pak, keep sharing

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ Astaga.com Lifestyle :

Terima kasih atas apresiasinya.

Alam mengatakan... [Jawab]

apakah ada batasan menulis? misalkan jika blognya blog tentang musik, apakah akan dikunjungi kembali jika memberi artikel lain bukan tentang musik?

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ Alam :

Tentu tidak ada batasan untuk menulis. Jika kita menulis artikel di blog, siapa yang mengatur? hanya kita sendiri. Asal tulisan kita tidak menyinggung pihak lain.

Jika blog anda tentang musik dan anda menulis artikel lain yang berbeda topik, tentu akan tetap akan dikunjungi, asal pengunjung membutuhkan artikel anda. Tetapi mungkin anda perlu memikirkan kekonsistenan dari blog anda. Mungkin sebaiknya anda tetap menulis artikel yang tetap berhubungan dengan musik.

Semoga berhasil.

gen22 mengatakan... [Jawab]

Salam hangat mas Yogo..!
Ini Gen..

senang rasanya bisa berkunjung kembali ke blog ini.

saya juga bercita-cita menjadi blogger profesional. bisa menghasilkan pendapatan dari blog. Dan Tahun 2010 ini saya rasa adalah saat yg tepat.

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ gen22 :

makasih kunjungannya, ayuk semangat...semangat...

wah..kayaknya banyak kekurangan dari blog ku nih....
beri komentarnya donk...plisssssssssssss



lokal-terbaik.co.cc

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ Rosi Kristyawan Sriyanto :

Wah kayaknya semua blog pasti ada kekurangannya, tinggal kita saja mencari cara untuk mengganti kekurangan tadi dengan kelebihan-kelebihan, sehingga pengunjung akan tetap setia menunggu update dari kita.

couplax21 mengatakan... [Jawab]

harus rajin-rajin nulis nih..

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |