Menjadi Seperti Apakah Bumi Nantinya?

Senin, Oktober 12, 2009

Meramal atau melihat masa depan bukan hanya peramal seperti nastrodamus saja yang melakukannya, bahkan ilmuwan pun melakukannya. Tentu dengan latar belakan dan pendekatan yang berbeda. Disini saya tidak membahas tentang bagaimana cara meramal tetapi pada kesempatan ini saya akan menulis tetang beberapa fakta masa depan bumi tempat tinggal kita nantinya.



Perlahan namun pasti, bumi tempat kita tinggal dan menggantungkan hidup menuju kehancuran. Tetapi kehancuran seperti apa yang mungkin terjadi? Berikut ini daftar kehancuran yang mungkin akan kita alami :

  1. Pemanasan Global.

  2. Apa yang anda tahu tentang pemanasan global? Ya, anda pasti bisa menjawab pertanyaan tersebut, karena pemanasan global telah menjadi isu hangat di berita-berita yang sering kita dengar. Materi tentang pemanasan global ini juga sudah diajarkan di sekolah-sekolah agar siswa memahami penyebab dan efek dari pemanasan global ini. Tentu dengan harapan kita semua bisa mengambil tindakan nyata bagaimana mengatasi pemanasan global ini.

    Banyak sudah yang mengutarakan solusi untuk mencegah atau mengurangi dampak pemanasan global, anda bisa mencari referensi di internet atau sumber lain. Demikian juga dengan akibat dari pemanasan global ini. Mulai dari mencairnya es di kutub, berubahnya iklim dan lain-lain.

  3. Perubahan Rotasi Bumi.

  4. Rotasi bumi bisa berubah? Yah...bisa. Ibaratkan bumi adalah sebuah bola pejal yang berotasi. Perlahan isi dari bola tersebut dikurangi, maka akibatnya adalah keseimbangan putaran rotasi ini akan terganggu. Dengan perubahan rotasi bumi ini mengakibatkan pola waktu yang berubah, iklim yang tidak menentu, air banyak yang terserap bumi sehingga di permukaan bumi tempat kita tinggal menjadi kekurangan air.

    Dengan berkurangnya air maka kehidupan seperti tumbuhan dan binatang menjadi kacau, akhirnya manusia juga yang akan menanggung akibat dari hilangnya tumbuhan dan binatang ini.

  5. Perubahan Lahan.

  6. Perubahan lahan yang saya maksud disini adala alih fungsi lahan. Seperti di Jakarta misalnya, banyak lahan potensial yang seharusnya untuk pertanian diubah menjadi perumahan atau gedung lainnya. Ini disebabkan karena populasi manusia semakin bertambah. Jadi bagi anda yang hobi membuat anak, mohon hentikan hobi anda itu, atau kita yang akan menanggung akibatnya.

    Itu baru Jakarta, belum daerah lain di Indonesia bahkan di seluruh daratan dunia. Akibatnya kekurangan bahan makanan bagi manusia dan hewan.

  7. Krisis Energi.

  8. Minyak bumi adalah sumber energi utama kita saat ini, tetapi sumber energi ini akan habis. Setelah minyak bumi habis, kita akan mengalami krisis energi. Di Indonesia sudah mengalami krisis ini, dimana listrik sering mati, harga bahan bakar mahal, dan kurangnya sosialisasi penggunaan energi alternatif dari pemerintah menambah parah berlangsungnya krisis ini.

    Bisa kita bayangkan bersama jika minyak bumi habis, dengan perubahan rotasi bumi apakah kita bisa mengandalkan angin sebagai sumber energi kita? Bahkan Energi matahari pun dipertanyakan fungsinya saat itu nanti.

  9. Peningkatan CO2 di atmosfer.

  10. Berbanggalah anda yang senang berjalan-jalan menggunakan mobil. Dan berbahagialah anda yang memiliki banyak mobil di garasi anda, karena anda adalah kandidat kuat perusak atmosfer kita. Sialnya banyak orang yang mungkin seperti anda di muka bumi ini.

    Kalimat tersebut diatas saya kutip dari spanduk yang digelar pada sebuah demonstrasi. Yah memang karena peningkatan gas CO2 di atmosfer kita memang banyak dihasilkan oleh kendaraan bermotor.

  11. Naiknya Suhu Bumi.

  12. Ini adalah akibat dari pemanasan global. Suhu bumi menjadi meningkat, semakin panas. Ini berakibat pada melelehnya es di kutub sehingga kontrol air di bumi menjadi kacau.

  13. Punahnya Flora dan Fauna.

  14. Dari serangkaian peristiwa diatas, apakah bumi akan tetap menjadi habitat bagi tumbuhan dan hewan?

Silahkan anda pikirkan sendiri jawabannya dan mulailah memikirkan kalau tumbuhan dan hewan punah.

Lalu bagaimana sebaiknya kita?
Kalau saya menjawab, terserah anda....:)



1 komentar:

jamkho mengatakan... [Jawab]

terimakasih informasinya gan..

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |