Species Baru : Kadal Tanpa Kaki

Minggu, September 06, 2009

Sekilas bentuk tubuhnya memanjang mirip ular dan bergerak dengan cara merayap tanpa memiliki kaki. Namun, hewan darat yang ditemukan di kawasan hutan bagian timur India itu merupakan kadal spesies baru.

"Penelitian awal menunjukkan bahwa kadal tersebut termasuk ke dalam genus Sesophis," kata Sushil Kumar Dutta, ketua departemen zoologi North Orissa University di Baripada, India bagian timur. Ia mengetuai tim peneliti dari organisasi nonpemerintah Vasundhra dan North Orissa University yang menemukan hewan tersebut.


Sekilas, penampilannya memang mirip ular berukuran kecil. Kulitnya bersisik dan tubuhnya panjangnya 17,5 centimeter. Kadal tersebut menyukai lingkungan yang dingin, tanah yang lunak, terutama di bawah bebatuan di dalam hutan.



Hewan tersebut ditemukan 10 tahun lalu saat para peneliti melakukan survai di kawasan hutan wilayah Khandadhar, dekat Raurkela, negara bagain Orissa atau sekitar 1.000 kilometer arah timur laut New Delhi. Kadal-kadal tanpa kaki dari famili berbeda juga dapat ditemui di Pulau Nikobar, di Orissa, maupun di Andhra Pradesh.

Sedangkan hewan yang baru ditemukan diperkirakan memiliki kekerabatan yang sangat dekat dengan spesies sejenis di Srilangka dan Afrika Selatan. Sepsophis punctatus yang ditemukan di bukit Golconda di Andhra Pradesh pada 1870 merupakan spesies sejenis yang satu genus dengannya.

"Kadal ini baru bagi dunia sains dan penemuannya sangat bernilai. Ia belum pernah ditemukan di tempat lain di dunia," ujar Dutta. Namun, ia menambahkan, nama spesies dan deskripsi ilmiahnya baru akan dilakukan hingga ditemukan beberapa spesimen sejenis.

Dutta menjelaskan ular dan kadal memang berasal dari nenek moyang yang sama. Proses evolusi menyebabkan keduanya terpisah menjadi dua jenis ordo hewan berbeda. Selama jutaan tahun, ular secara bertahap kehilangan kakinya dan mengembangkan bentuk tubuh yang sesuai untuk bergerak di permukaan tanah. Namun, kadal tanpa kaki tidak termasuk dalam kelompok ular.


0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |