Kita Menggunakan Aljabar Setiap Hari?

Senin, Oktober 12, 2009

Itu adalah pertanyaan yang sering dilontarkan di kelas. Hal ini biasanya diawali dengan, "Mengapa saya harus belajar hal ini, saya tidak akan pernah menggunakannya?" Kamu jauh dari benar. Aljabar digunakan sehari-hari, sepanjang waktu. Digunakan dalam pemecahan masalah ketika kamu mencoba untuk menentukan berapa lama kamu pergi dari rumah ke rumah teman-teman kamu.

Sekarang mari kita melihat contoh yang lain. Kamu tinggal beberapa kilometer dari rumah temanmu. Ayahmu harus mengantar kamu untuk pergi, kira-kira berapa lama waktu yang kalian perlukan untuk bersiap-siap? Jika ayahmu bersiap dengan cepat, akan memakan waktu 20 menit, tetapi jika jalanan macet atau ramai tentu akan memakan waktu yang lebih lama. Jadi kamu akan mengatakan kepada temanmu kira-kira kamu akan sampai disana jam berapa jika kamu berangkat pukul 8.00?


Apakah contoh diatas sering kamu alami?
Coba tebak, kamu akan menggunakan aljabar untuk mencari tahu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke rumah temanmu. Dan secara tidak sadar kamu akan menggunakan sebuah variabel untuk menyatakan keramaian lalu lintas dan waktu. Misalnya saja x untuk keramaian lalu lintas dan y untuk banyak waktu yang diperlukan. Jadi y akan ditemukan kalau x sudah ditentukan.

Secara matematis x dikatakan sebagai variabel bebas, karena nilainya tidak tergantung dari variabel lain. Sedangkan y disebut sebagai variabel terikat karena nilainya tergantung dari variabel lain, dalam hal ini x .


Mari kita lihat contoh lain: kamu dan beberapa teman yang akan membangun pipa setengah papan skate. kamu menggambar model untuk menentukan seberapa tinggi dan lama untuk membuatnya. kamu menggambar berbagai representasi dari setengah pipa dari berbagai sudut. Kemudian menghitung berapa banyak kayu kamu butuhkan dan ukurannya, sehingga kuat. Maka kamu perlu menghitung berapa banyak bahan yang kamu akan perlu untuk membuat permukaan pipa yang setengah halus. Dengan setiap salah satu perhitungan kamu menggunakan aljabar. Ada banyak variabel dan kamu harus menggunakan bilangan rasional untuk membuat perhitungan - Aljabar.

Setiap kali kamu memecahkan masalah yang melibatkan uang, waktu, jarak, kecepatan, keliling pagar, volume, perbandingan harga, menyewakan barang, kamu akan menggunakan aljabar dalam perhitungannya.

Aljabar mengajarkan kita untuk berpikir logis pada saat memecahkan masalah. Kamu harus berpikir logis untuk memperoleh solusi terbaik.


Pada saat kamu bermain bola, kamu harus secara cepat menentukan sudut lemparan untuk mendapatkan lemparan yang akurat. Kamu memperkirakan jarak dan berapa gaya yang kamu perlukan untuk melempar dengan jarak yang kamu tentukan itu.Algebra in action!

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |