Uniknya Bilangan Penyusun 10

Senin, Agustus 31, 2009

Jika anda bosan dengan matematika, saya juga. Biasanya untuk mengatasi kebosanan, kita mencari sesuatu atau jokes yang bisa menghibur kita. Yah... walau hanya tersenyum sesaat, tetapi itu sedikit membantu untuk menghilangkan kebosanan kita. Trus apa hubungannya dengan matematika? Ya, karena saya setiap hari berkutat dengan matematika jadi ya cara menghilangkan kebosanan saya kadang dengan matematika juga. Lho kok bisa? Ya bisa, wong ini cuma main-main kok.

Coba deh simak dengan baik beberapa permainan berikut.


Pertama, kita bermain dengan susunan angka berikit ini :

kita tulis angka 1 sampai 9 berurutan ke bawah seperti berikut ini…

1

2

3

4

5

6

7

8

9


di sebelah kanan dari angka-angka tadi, kita tulis lagi angka 1 sampai 9 tetapi dengan susunan yang terbalik.

1 9

2 8

3 7

4 6

5 5

6 4

7 3

8 2

9 1


kemudian ditengahnya kita sisipkan tanda plus (+), lalu hitunglah hasilnya!!

1 + 9 = 10

2 + 8 = 10

3 + 7 = 10

4 + 6 = 10

5 + 5 = 10

6 + 4 = 10

7 + 3 = 10

8 + 2 = 10

9 + 1 = 10

ternyata semua hasilnya 10…

yah, kalau ahli matematika seperti anda mungkin sudah mengetahui hal seperti ini, tetapi perhatikan keunikan berikut ini :

1 + 9 ( Satu ditambah Sembilan )

2 + 8 ( Dua ditambah Delapan )

3 + 7 ( Tiga ditambah Tujuh )

4 + 6 ( Empat ditambah Enam )

5 + 5 ( Lima ditambah Lima )

weleh weleh… ternyata huruf awalnya sama…

4 komentar:

enigma mengatakan... [Jawab]

saya sdh jawab tuh pertanyaan kamu soal kopi paste.

enigma mengatakan... [Jawab]

oh ya yogo, saya baru tahu kalo km juga kristen atau katolik ya. salam kenal. God Bless U.

yogo mengatakan... [Jawab]

@enigma : makasih ya jawabannya.

Tentang iman yang saya punya hanya Tuhan yang tahu, bahkan saya pun tidak tahu karena saya tidak tahu level dari iman yang saya punya.

Saya hanya seorang pendosa yang hanya mencoba untuk tidak mengulangi kesalahan saya.

Sekali lagi makasi mas Enigma.

joeniar mengatakan... [Jawab]

keren sob.. :)

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |