Ternyata Lagu Kebangsaan Malaysia Adalah Milik Indonesia

Jumat, Agustus 28, 2009

Masih ingat tentang klaim Malaysia atas aset kebudayaan dan pendidikan Indonesia? Pasti anda semua masih ingat tentang Reog Ponorogo, Lagu Rasa Sayang He, Tari Pendet, dan Cendol yang diklaim oleh Malaysia sebagai miliknya. Pada tulisan saya terdahulu, saya menulis mengenai Lagu Indonesia Raya yang di plesetkan oleh Malaysia di sebuah forum diskusi. Bagi yang belum baca, silahka baca disini. Ternyata ada temuan terbaru dari seorang yang bernama Jaka Irmanta seorang Konsultan Lokananta Recording bahwa lagu kebangsaan Malaysia yang berjudul Terang Bulan dan Negaraku adalah milik Indonesia


Bapak Jaka dan rekan-rekannya di Lokananta berusaha menginventarisasi lagu-lagu milik Indonesia agar tidak dikalim oleh nagara lain. Nah dalam temuannya , ternyata lagu Lagu 'Terang Bulan' pertama kali diputar di RRI Jakarta pada tahun 1956, sedangkan Malaysia baru merdeka pada 31 Agustus 1957.

Menanggapi hal ini, pada Senin mendatang atau bertepatan dengan peringatan hari kemerdekaan Malaysia, Lokananta akan mendatangi Kedutaan Besar Malaysia di Jakarta sekaligus memberikan somasi atas lagu tersebut.

Sementara itu, Kepala Perum Lokananta Surakarta Ruktiningsih membantah jika lagu tersebut merupakan pemberian mantan Presiden Soekarno sebagai hadiah atas kemerdekaan Malaysia. "Tidak ada dokumen penyerahan lagu tersebut," pungkasnya.

Mungkin diantara pembaca ada yang menemukan bukti lain, silahkan duimumkan saja.

Sumber : okzone.com

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |