Ini saya mau bagi-bagi sesuatu. Saya menemukan cara pengerjaan ini oleh murid saya. Saya tidak tahu dari mana dia belajar, tapi ini menarik. Dia berusaha membuktikan bahwa empat sama dengan lima. Coba perhatikan :
Diberikan : -20 = - 20
16 - 36 = 25 - 45
4^2 - 9*4 = 5^2 - 9*5
4^2 - 9*4 + 81/4 = 5^2 - 9*5 + 81/4
(4 - 9/2)^2 = (5 - 9/2)^2
4 - 9/2 = 5 - 9/2
4 = 5
Bagaimana pendapat kalian tentang cara pembuktian diatas? Apakah ada yang salah? Kalau ada dimana salahnya?
4 komentar:
good!
Kok 9*4 ma 9*5 tiba-tiba hilang
9*4 ma 9*5 tidak hilang.
(4 - 9/2)^2 = (5 - 9/2)^2 equivalen dengan
4^2 - 9*4 + 81/4 = 5^2 - 9*5 + 81/4
jika a^2 = b^2
maka gak bisa dipastikan a = b.
contoh sederhana 5^2 = (-5)^2
bukan berarti 5 = -5
ini kan sama seperti dua bilangan apapun selalu sama:
misal x dan y
anggap x + y = 2z
maka x = - y + 2z
dan x - 2z = -y
shg x (x-2z) = -y (-y +2z)
x^2 - 2xz = y^2 - 2yz
lalu tambahkan kiri dan kanan z^2
x^2 - 2xz + z^2 = y^2 - 2yz + z^2
faktorkan
(x - z)^2 = (y - z)^2
nah ini dia manipulasinya....
x - z = y - z
shg x = y
tuh mas.. mau buktikan 123 = 321 juga bisa
Posting Komentar
Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.
Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.