Tips Mengganti Template Blog ?

Senin, November 01, 2010

remote_image20100519-16656-1qlbnre-0Saat kita blogging, sering kita melakukan modifikasi terhadap blog kita. Selain selalu memposting konten baru, kita juga sering menambah tool untuk blog kita, mengejar SEO, sampai merubah tampilan blog kita dengan mengganti template blog agar lebih menarik.

Nah, pada posting kali ini kita membicarakan tentang mengganti template blog pada blogger.

Jika kita membuat blog baru di blogger, kita telah disediakan template yang bisa kita pilih sesuai dengan keinginan kita. Tetapi seiring berjalannya waktu, kadang kita merasa bahwa template bawaan blogger tadi terlalu standar, kurang menarik, dan lain sebagainya. Blogger mengijinkan kita untuk mengganti template blog kita dengan template dari pihak ketiga walaupun blog kita termasuk blog gratisan ( masih memakai url standar blogspot  seperti http://yogopunyablog.blogspot.com ).

Cara mengganti template blog di blogger sangatlah mudah, jika ada yang belum tahu caranya, bisa klik disini untuk melihat tutorialnya. Pada artikel kali ini saya tidak akan membahas bagaimana cara mengganti template blog, tetapi membahas mengapa kita mengganti template blog kita.

Ada beberapa pertanyaan mendasar yang perlu kita ketahui jawabannya dahulu sebelum kita mengganti template blog kita, yaitu :

1. Apa tema blog kita ?

Dengan mengetahui dan memahami tema blog kita, kita akan berpikir lebih spesifik akan konten, tujuan, serta tampilan blog. Jika blog kita akan menyajikan berita, maka pilihlah template yang serius penampakannya, tetapi jika blog kita adalah blog yang mengusung tema musik kita bisa memilih template yang ramai warna agar terlihat lebih “segar”. 

2. Pilih template yang sesuai dengan “karakter” kita.

Lho, apa hubungannya dengan karakter? Menurut saya ada hubungannya. Jika kita membuat template atau memakai template asal saja, maka kita akan merasa cepat bosan dengan tampilannya. Berbeda jika kita memilih untuk menggunkanan template yang dekat dengan karakter kita, maka kita akan merasa betah dengan tampilannya. Ibaratnya jika kita melihat blog kita, kita seperti bercermin dan melihat diri sendiri.

3. Pilih template yang SEO friendly.

SEO adalah senjata andalan keberhasilan sebuah blog. Tidak semua template menyertakan fasilitas ini, kebanyakan hanya mengandalkan tampilan saja. Ya, kita bisa mengeditnya kemudian agar template tersebut menjadi SEO friendly. Tetapi untuk mengedit template blog agar SEO friendly sedikit merepotkan untuk blogger-blogger pemula yang baru saja terjun ke dunia blogging.

4. Pilih template yang cepat loading pagenya.

Pernah membuka blog yang lama loadingnya? Merasa betah untuk menunggu sampai blog tersebut membuka dengan sempurna? Kalau saya sih langsung saya tutup, ndak betah nunggunya. Apalagi koneksi saya termasuk lambat….

Jangan sampai blog kita termasuk blog yang “lambat” tersebut. Beresiko ditinggal pengunjung nantinya. Biasanya sebuah blog menjadi lambat karena terlalu banyak gambar di templatenya. Memang ini bukan faktor utama juga untuk memperlambat, tatapi ikut berpartisipasi memperlambat laju penampakan blog. Bila perlu sebelum kita mengganti template blog kita dengan template yang baru, kita tes dahulu kecepatan loading page template tersebut. Semakin cepat semakin baik.

5. Pilih template blog yang mudah untuk diedit.

Ini berhubungan dengan pengetahuan kita akan bahasa html. Banyak template yang menyediakan fitur langsung didalam html template tersebut. Jika kita kurang paham bahasa html kita akan kesulitan untuk mengedit ffitur tersebut. Kalau fitur tersebut cocok dengan tujuan kita mungkin tidak menjadi masalah, tetapi jika kita ingin membuang fitur tersebut maka kita akan kesulitan jika kita kurang memahami bahasa html.

Oleh karena itu, daripada pusing pilih saja template yang bisa dengan mudah kita edit. Untuk menambah elemen baru, mengganti elemen yang lama, atau bahkan mungkin kita ingin menghapus elemen tersebut.

Mungkin hanya hal-hal tersebut yang perlu diperhatikan sebelum kita mengganti template blog kita dengan template yang baru. Maungkin ada yang mau menambahkan tipsnya? Silahkan tulis tips tambahan Anda di kolom komentar, dan akan saya tambahkan tips Anda dalam posting dengan menyertakan backlink untuk blog Anda.

Semoga bermanfaat, happy blogging.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |