Tips Mengerjakan Soal Dewa

Rabu, Oktober 14, 2009

Jika kamu menemukan soal yang sangat sulit, apa yang akan kamu lakukan? Apalagi pada pelajaran matematika, mungkin banyak soal yang sukar. Mungkin kamu bisa minta bantuan kepada gurumu untuk menyelesaikannya. Atau kamu bisa meminta bantuan kepada teman atau kakak kelasmu, janganlah menyerah begitu saja. Ya, memang kamu tidak perlu untuk mengerjakan soal tersebut, tetapi jika dikerjakan secara bersama-sama mungkin soal tersebut akan terpecahkan dan diperoleh penyelesaian yang tepat. Yang perlu kamu lakukan disini adalah menyusun rencana untuk menyelesaikan soal tersebut, terlepas dari betapa sulitnya soal itu.


Hal pertama yang perlu kamu lakukan adalah mengidentifikasi semua informasi yang diperlukan dalam soal tersebut, mungkin petunjuk berikut ini berguna :
  1. Bacalah soal dengan teliti, hal ini berguna untuk mendapatkan beberapa petunjuk untuk menemukan jawabannya.

  2. Tulislah kata-kata kunci yang berkaitan dengan soal tersebut.

  3. Apa fakta yang telah diketahui dari soal itu?

  4. Informasi apa yang diperlukan untuk menyelesaikan soal itu?

  5. Kamu bisa menggunakan simbol-simbol matematika (variabel) untuk mengganti kata-kata petunjuk atau informasi yang diperlukan.

  6. Baca dengan teliti untuk menemukan informasi yang tidak diperlukan.




Setelah kamu melakukan hal-hal diatas, sekarang saatnya kamu kembangkan strategi untuk menyelesaikan soal, mungkin langkah-langkah berikut ini bisa membantu :

  1. Gambarlah model dari soal tersebut, bisa berupa grafik, diagram, tabel, bagan, sketsa, atau bentuk lain yang kamu inginkan.

  2. Buatlah model fisik jika perlu.

  3. Gambar pola yang merepresentasikan informasi yang kamu dapat untuk mengurutkan informasi yang terpenting

  4. Cobalah lihat apakah soal ini berhubungan dengan bidang lain, misalnya seni, sains, atau bidang ilmu yang lain.

  5. Apakah kamu pernah menyelesaian soal seperti ini sebelumnya? Jika ya, ingat lagi bagaimana cara menyelesaikannya.

  6. Cobalah untuk menulis ulang soal itu, untuk menemukan kata-kata kunci yang diperluan dan menghilangkan kalimat atau informasi yang mengganggu.



Setelah kamu selesai dengan tahap ini sekarang saatnya kamu melaksanakan rencana yang kamu rancang. Setelah kamu memperoleh penyelesaian soal tersebut, coba ikuti langkah berikut ini :
  1. Apakah jawabanmu logis, sesuai dengan permintaan soal?

  2. Coba cek jawabanmu dengan cara menerapkannya pada soal. Jika sesuai maka kamu memperoleh jawaban yang tepat (langkah ini dianjurkan ketika kamu bertemu dengan soal-soal yang mengandung persamaan, fungsi atau bentuk aljabar lainnya).

  3. Apa kamu sudah menuliskan satuan pengukuran pada jawabanmu? Ini sepele tetapi banyak yang salah dengan melupakan langkah ini.


Semua strategi diatas tidak bisa langsung diterapkan dan berhasil, butuh latihan untuk memperoleh hasil yang maksimal. Biasakan untuk membuat rencana dalam menyelesaikan soal, dengan demikian pikiran kita akan terfokus pada penyelesaian masalah yang bersangkutan. Mungkin strategi ini kurang tepat bagimu, kamu bisa mengembangkan sendiri strategi yang lain.

Selamat Mencoba.



0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |