Dimana Lagu Anak-Anak?

Selasa, Oktober 13, 2009

Dewasa ini perkembangan musik di Indonesia sudah semakin pesat. Persaingan industri musikpun semakin ketat. Banyak band dan penyanyi baru bermunculan, dari yang merangkak dari nol sampai yang karbitan. Tetapi ada ironi yang akan saya soroti disini. Dari sekian banyak lagu populer sekarang, semuanya sebagian besar adalah lagu-lagu untuk remaja dan orang dewasa. Kenapa saya berpendapat seperti ini, karena kebanyakan lirik populer yang diusung adalah masalah percintaan, patah hati, selingkuh, dan ungkapan masalah-masalah orang dewasa lainnya.



Kenyataannya tidak semua penduduk di Indonesia adalah orang dewasa, banyak diantara mereka adalah anak-anak yang juga dapat dikategorikan sebagai penikmat musik juga. Sehingga dengan kurangnya musik yang diperuntukan untuk mereka (anak-anak), maka terpaksa anak-anak mendengarkan dan bahkan menyanyikan lagu-lagu populer sekarang yang notabene untuk orang dewasa.



Lucu memang jika kita melihat anak usia balita menyanyikan lagu-lagu dewasa. Dengan kemampuan verbal mereka yang masih kurang, mereka mengucapkan kata-kata yang terdapat dalam lirik lagu tersebut. Ya, mereka hanya sekedar menyanyi memang karena belum mengetahui apa sebenarnya isi dan tujuan dari lagu yang sedang dinyanyikannya. Padahal mereka butuh lagu-lagu yang mengandung unsur pendidikan dan pembelajaran, mulai dari pendidikan etika dan moral, warna, benda-benda, bilangan, operasi hitung, aksara, dan konten-konten lain yang memang spesial untuk mereka.

Saya ingat jaman saya kecil dulu banyak sekali lagu-lagu anak di Indonesia, sehingga sayapun menyanyikan lagu-lagu tersebut. Sekarang penyanyi favorit saya sudah dewasa dan menyanyikan lagu dewasa pula, yah itu wajar. Pertanyaannya apakah tidak ada penerusnya? Dimana para pencipta lagu-lagu populer sekarang yang menciptakan lagu untuk anak-anak? Bahkan acara disalah satu stasiun televisi nasional yang menayangkan acara pencarian bakat menyanyi untuk anak-anak, merekapun menyanyikan lagu-lagu dewasa.

Ini mungkin sebagai PR bagi para musisi Indonesia. Ayo dong, buat lagu untuk anak-anak.... Biarkan anak-anak menyanyikan lagu-lagu yang sesuai dengan dunia bermain mereka.




0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |