Fenomena Modern - Anak Anda Kurang Tidur

Senin, Oktober 19, 2009

Pagi tadi seperti pagi biasanya disekolah saya, Tapi ada suatu hal istimewa yang selama ini menjadi perhatian saya. Ada beberapa anak (murid) yang selalu mengantuk. Saya melihat ini adalah sebagai fonomena anak-anak modern, yaitu menderita kurang tidur. Anak-anak dan orang dewasa yang kurang tidur tidak dapat beraktifitas dengan baik. Tidur berfungsi untuk memulihkan energi tubuh, terutama sistem saraf dan otak. Ketika seseorang kurang tidur, dia akan mengalami beberapa kendala dalam beraktifitas sehari-hari. Sebagai siswa jika dia kurang tidur maka akan kesulitan dalam berkonsentrasi, mengingat dan memahami apa yang dia pelajari, bahkan mengontrol emosinya.


Durasi atau waktu yang dibutuhkan seseorang untuk tidur tidaklah sama, tetapi kebanyakan anak-anak dan remaja membutuhkan sedikitnya 8 jam untuk tidur dalam sehari. banyak remaja mengalami gangguan disekolah karena mereka kurang tidur. Mereka pulang larut malam dan harus bangun pagi untuk berangkat ke sekolah. Menurut saya dewasa ini jadwal sekolah tidak seiring dengan jam biologis remaja dan anak-anak.



Gejala anak-anak dan remaja yang kurang tidur :
  1. Terus mengantuk.

  2. Rewel atau sedih.

  3. Kesulitan berkonsentrasi.

  4. Bermusuhan.

  5. Menjadi cengeng untuk hal-hal kecil.

  6. Bereaksi secara tidak rasional terhadap masalah kecil, tugas, latihan, dsb.


Sebagai orang tua, anda memerlukan strategi untuk mengatasi masalah tidur anak anda. Mungkin staregi berikut ini bisa anda terapkan.

1. Periksa jadwal harian.


Cobalah untuk membantu (bukan mengerjakan) pekerjaan rumah atau tugas anak anda sehingga mereka tidak tidur larut malam. anak-anak perlu waktu bermain disiang hari, sedangkan remaja banyak kesibukan setelah jam sekolah. Jika anak anda selalu mengerjakan tugas mereka sampai larut malam, cobalah cek lagi jadwal kegiatannya. Atur lagi bila perlu, mana yang utama dan mana yang bisa dihilangkan.

Banyak orang tua menyarankan anaknya untuk mengerjakan pekerjaan rumah setelah dia baru sampai rumah, tetapi anak-anak juga perlu waktu untuk rileks sekedar melepas lelah. Masalah lain adalah anak-anak mengalami kesulitan dalam mengerjakan pekerjaan rumahnya ketika banyak anak-anak lain yang sedang bermain didepan rumahnya. Sebagai orang tua, penting untuk mengukur kebutuhan anak anda. Tentukan waktu yang ideal untuk mengerjakan pekerjaan rumah setiap hari dan membantunya untuk selesai tepat waktu.

2. Longgarkan waktu tidur.


Biarkan anak anda untuk tidur lebih lama saat akhir pekan atau libur sekolah.

3. Berkonsultasilah dengan pihak sekolah.


Terbukalah dengan sekolah tentang masalah anak anda. Mungkin banyak orang tua disekolah anak anda yang mengalami masalah yang sama dengan anda. Usulkan apakah mungkin untuk mengatur jadwal pelajaran yang sesuai dengan kebutuhan anak dan remaja?

Ingat bahwa kurang tidur tidak hanya menghalangi keberhasilan sekolah, tetapi juga menimbulkan gangguan kesehatan. Ketika anak kurang tidur, maka sistem saraf mereka terganggu, ini menyebabkan timbulnya penyakit dan gangguan-gangguan kesehatan lainnya.




1 komentar:

Salam kenal..
Thanks infonya. Skrg ini, Internet byk menyebabkan anak & orang dws kurang tidur. Stuju khan? He2.
Senang bisa berkunjung kesini. Ditunggu kunjgn baliknya ke http://pbm-alhiko.blogspot.com ataupun http://alhiko.blogspot.com

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |