Yang Tidak Mereka Katakan Ketika Anda Membuat Blog

Senin, November 08, 2010

Idenya sederhana, saya ingin membuat sebuah blog. Tetapi apakah sesimpel itu? Banyak tutorial yang memerikan langkah-langkah untuk membuat sebuah blog. Tetapi mereka tidak memberitahukan kepada Anda beberapa hal. Pada posting kali ini saya akan memberitahukan kepada anda hal-hal yang tidak mereka katakan tentang mengelola sebuah blog.

Banyak judul menarik tentang membuat blog. Membuat blog dalam 5 menit, 5 menit install wordpress, dan banyak judul menarik lainnya. Tetapi pada faktanya 5 menit yang ditawarkan seperti 5 jam pada pelaksanaannya. Baru setelah 5 jam berlalu, saya mulai mengelola blog saya di dashboard.

Tema yan ingin Anda angkat adalah yang terpenting dari segalanya. Karena tema tersebut yang akan memberikan kesan pertama pada calon pembaca blog Anda nanti. Dan tidak mudah untuk mengganti tema blog setelah Anda memposting beberapa artikel. Lebih baik luangkan lebih banyak waktu untuk berkutat denga menulis artikel yang sesuai dengan tema blog daripada template blog.

Analisa traffic di google analitics memang perlu, tetapi ada sedikit peringatan disini. Google adalah orang pertama yang memberitahukan kepada Anda bahwa Anda tidak mempunyai teman. Lupakanlah itu, jangan berpikir pada pengunjung dulu. Begini alur kerjanya. Setelah Anda selesai membuat sebuah blog dan memposting beberapa artikel disana, maka Anda berharap ketika bangun tidur esok ada seseorang yang menemukan blog Anda.

Mungkin mereka akan menjadi pengunjung setia blog Anda, atau bahkan menjadi pelanggan tetap dengan menjadi subscribers. Mungkin mereka menghabiskan waktu sekitar 3 menit untuk melihat isi blog Anda. Pada posisi ini, google analitics akan mengatakan “selamat pagi, Blog Anda masih sepi…”. Lupakan saja itu, tulislah beberapa artikel lain yang sesuai dengan tema blog Anda.

Ada pepatah yang ditujukan kepada blogger mengatakan, TULISLAH KONTEN, MAKA PEMBACA AKAN MENGIKUTI. Mudah kedengarannya. Tetapi menemukan sebuah ide akan artikel yang akan diposting tidaklah mudah. Biarkan traffik membimbing blog kita, dengan selalu memposting artikel baru paling tidak beberapa pangunjung akan kembali datang karena artikel yang kita tulis menarik bagi mereka.

Cara lain untuk mendapatkan traffik adalah dengan mengikuti kontes. Siapa sih yang tidak ingin mendapatkan komisi dengan gratis? Lalu seminggu kemudian dua orang yang mendaftar tertawa mendengar penawaran pembagian komisi atau hadiah Anda 50%-50%. Kemudian ada calon pengunjung yang kebetulan Anda kenal mengatakan tidak bisa masuk untuk melihat blog Anda. Sekarang Anda telah menjauhkan sepertiga dari pengunjung setia blog Anda.

Semoga artikel ini bermanfaat. Happy blogging.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |