Mengapa Orang Takut Membeli Asuransi

Senin, Maret 29, 2010

Asuransi??? Hmmm...ntar dulu deh..... Itu mungkin komentar kita jika ada agen asuransi yang menawarkan produk-produk asuransi kepada kita. Ada banyak hal yang membuat kita ( masyarakat ) takut untuk membeli produk-produk asuransi. Pada posting kali ini saya coba mengulas beberapa hal yang membuat masyarakat takut membeli produk asuransi.

1. Belum merasa butuh asuransi.
Pada poin ini, banyak orang yang merasa dirinya tidak membutuhkan perlindungan, kebanyakan alasan mereka adalah :
  • Masih muda, maka mereka merasa masih bisa hidup lama. Sehingga mereka menolak untuk membeli polis asuransi jiwa misalnya. Untuk masyarakat golongan ini, mereka mungkin tidak sadar bahwa kematian bisa terjadi sewaktu-waktu.
  • Belum punya uang, mereka keberatan dengan beban premi yang wajib dibayarkan jika memiliki polis asuransi.
  • Masih sehat, mereka berpikiran bahwa memiliki polis asuransi jika mereka sudah sakit-sakitan, sehingga bermanfaat bagi mereka.
  • Belum memikirkan masalah warisan. Persepsi masyarakat akan warisan adalah sejumlah aset yang akan diberikan kepada keturunannya ketika nanti mereka meninggal. Biasanya berupa tanah atau rumah.
2. Ketidakpercayaan dengan perusahaan pengelola asuransi.
Banyak kejadian buruk yang dialami oleh masyarakat yang telah memiliki polis asuransi, sehingga berdampak pada masyarakat lain. Misalnya :
  • Perusahaan asuransinya dilikuidasi / bangkrut.
  • Uang premi dibawa kabur oleh agen.
  • Claim yang lama turunnya atau malah tidak turun sama sekali.
  • Ada yang mau menambahkan??
3. Kesadaran akan pentingnya perlindungan.
Poin ini mungkin berhubungan dengan poin pertama diatas. Kesadaran akan pentingnya perlindungan akan yang dimiliki seseorang belumlah merata. Banyak orang diluar sana yang merasa bahwa membeli produk asuransi seperti dirampok, karena beranggapan uang mereka akan hilang.

Mungkin masih ada lagi ketakutan lain yang belum saya tulis. Diantara anda mungkin ingin menambahkan pengalaman anda tentang asuransi baik jika dibagikan kepada saya dan pembaca lain.

Yah... semua kembali pada pendapat anda tentang asuransi. Mau mengatakan asuransi itu penting, silahkan. ma menolak juga silahkan. Tetapi mungkin yang sebaiknya kita lakukan adalah tetap menyikapi dengan positif ketika ada agen asuransi yang menawarkan produknya. Pelajari dengan seksama siapa tahu ada produk yang menguntungkan bagi kita.

3 komentar:

Aku ingin bertukar link

Yogo mengatakan... [Jawab]

@ bisnis tak lekang oleh waktu :

Boleh, silahkan klik bertukar link diatas kolom komentar atau blogroll.

Terima kasih.

mungkin kebanyakan orang belum tau manfaat asuransi mas

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives

 
Copyright © SUMBER BELAJAR |