Cara Membuat Blog Terlihat Profesional

Kamis, November 05, 2009

Blogging adalah salah satu kesempatan untuk berinteraksi dengan pengunjung blog. Membuat relasi yang hangat dengan pembaca adalah hal yang terpenting. Sehingga kita tidak seharusnya berbohong mengenai jumlah subscribers, Page Rank, pendapatan dari blogging, atau hal-hal lainnya. Pada saat memposting artikel, kita bisa bicara jujur dengan calon pembaca, misalnya sebagai blogger yang kurang pengalaman atau blog kita baru, maka kita belum mempunyai banyak pengunjung dan pengikut.

Jika merasa blog kita kurang pengunjung, teruslah memposting artikel yang bermutu, lakukan survey tentang artikel apa yang sedang diminati, memberikan komentar secara positif di blog lain, ini adalah cara menjual blog secara profesional. Ketika anda berkunjung ke blog yang sepi (seperti blog ini...), pelajari apa yang kurang, lalu perbaiki.

Berkunjunglah ke blog lain yang mempunyai tema sama. Lihat para master disana. Bandingkan blog mereka dengan blog kita, dari isi artikelnya, tata tulisnya, pemilihan template, pengaturan iklan, dll. Jika kita menemukan blog favorit, hendaknya tidak menirunya, tetapi belajarlah dari situ. Demikian juga ketika kita berkunjung ke blog yang tidak begitu kita suka, pelajarilah. Apakah blog tersebut terlalu banyak iklan, memasang gambar yang tidak pas yang pada akhirnya mengganggu kita saat membaca artikel, dll. Lalu bandingkan dengan blog kita, apakah blog kita terlihat seperti ini?

Jika kita menggunakan template gratisan, segeralah modifikasi. Karena banyak orang lain diluar sana yang akan mempunyai tampilan blog yang sama dengan blog punya kita. Ini menjadikan blog kita terlihat kurang profesional.

Jika PR kita masih nol (0), ya jangan memasang widget untuk menunjukan PR kita. Pilih-pilih lagi untuk memasang widget, karena jika salah memasang widget, maka pengunjungpun akan segera meninggalkan log kita.

Saya pernah menemukan sebuah blog dengan komentar cukup banyak, anehnya pada komentar-komentar tersebut tidak ada link yang mengarahkan saya kepada si pemberi komentar. Saya berpendapat ini pasti komentar palsu. Sebaiknya kita tidak memberikan komentar palsu kepada artikel kita sendiri. Biarkan pembaca dengan tulus memberikan komentar secara obyektif. Jika kita ingin mendapatkan komentar pada artikel kita, ya berkunjung ke blog lain dan tinggalkan komentar disana. Paling tidak pemilik blog tersebut membalas komentar kita dengan link yang kita tinggalkan karena penasaran siapa kita.

Memberikan komentar di blog lain juga ada peraturannya. Spam jelas tidak disuka oleh pemilik blog atau pembaca lain. Berkomentar dengan baik pasti akan mengarahkan pengunjung ke blog kita.

Hhh...kayaknya panjang banget saya nulisnya, gak kerasa. Tapi begini kesimpulan jika anda ingin blog anda terlihat profesional :
  • Jangan memasang statistik palsu. Pengunjung pasti tahu kok.
  • Bicaraah tentang pengalaman anda sendiri.
  • Tanggapilah setiap komentar dengan baik.
  • Berterima kasihlah kepada pembaca atas komentarnya.
  • Jangan menyerah, butuh waktu lama untuk membuat blog bagus dengan banyak pengikut.
  • Selalu memposting artikel baru walau tidak ada yang berkomentar. Paling tidak akan menambah jumlah artikel blog anda dan membantu google untuk mengindex blog anda.
Bagaimana menurut anda? Saya yakin artikel saya ini banyak yang kurang karena pengalaman blogging saya juga minim, jadi jika anda memberikan saran atau kritik, dengan senang hati saya menerimanya. Ya paling tidak kita bisa berbagi bersama.

Happy blogging.

27 komentar:

Anonim mengatakan... [Jawab]

Blognya sangat bagus, tolong dong saya diajari cara membuatnya!

Unknown mengatakan... [Jawab]

@ SMP NEGERI 2 SUKODONO SIDOARJO :
Dengan sengan hati saya mau bantu pak.

mantabs tipsnya :)

puisi cinta mengatakan... [Jawab]

lama tak berkunjung...

blog ini makin keren aja yah..?
blog ini juga terlihat profesional... lain dengan blog saya.

Unknown mengatakan... [Jawab]

@ puisi cinta :

weh gen, udah lama gak muncul nih, kemana aja? masih sibuk bikin puisi ya?

aku tunggu kedatangan berikutnya.

alam mengatakan... [Jawab]

blog ini kren banget ya, nggak sepi, kok! tuh banyak yg komentar. nggak kayak blog aku....kunjungi, ya.

Unknown mengatakan... [Jawab]

@ alam :

Makasih kunjungannya...

insanitis37 mengatakan... [Jawab]

Tentang komentar sendiri itu, hahaha. ternyata ada juga ya mas??mmh, mmh,,
mau konsul nih mas. Tau kan postingan di halaman depanku, gak ada yg pake read more??sebenarnya itu bukan kesengajaan lo mas, tap kepaksa!hehe
soalnya bila saya posting di halaman depanku dipasang read more, gadget di side bar akan bergeser ke bawah. pokoknya acak2an deh!!!
saya telah usaha konsul ke beberapa bllogger (maste mungkin) tp mereka bilang gak ada masalah di templatenya tuh... mereka jg heran.
Mungkin mas punya solusi??
Btw, ada yg muji komen mas tuh. Dari about information, hehe

Unknown mengatakan... [Jawab]

@ insanitis37:

Masak sih jadi error? Coba pake yang auto readmore untuk blogger. kalau masih error juga pake yang standar blogger (jump break).

Untuk memasang auto read more saya ada tutorialnya, silahkan dicari di kategori tutorial.

rastafara mengatakan... [Jawab]

tolong dab !!!bisa ngax nganti alamat blog kita soalnya blogku error nich

Unknown mengatakan... [Jawab]

@ rastafara :

Error bagaimana ?

Kalau mau ganti alamat blog harus masuk ke dashboard akun blog anda. Dari menu Publikasi bisa ganti alamat.

rais mengatakan... [Jawab]

saya suka dengan keprofesionalan anda
kalau diijinkan saya pengen bertanya kenapa pos komentar tidak keluar di tampilan blog terima kasih
Coba lihat blogsaya

Maksih informasinya. Saya baru dalam hal nge-blog, mohon bantuannya supaya bisa bgus blog saya seperti halnya blog ini. ;)

obet mengatakan... [Jawab]

makasih atas infonya moga bisa bantu saya buat blog biasa bru coba buat blog sieh...heheheh

mantab bro infony, btw blog kita mirip bro,wkwkwk

Chory mengatakan... [Jawab]

http://chory-reverence.blogspot.com/

ne blog baru....

Pria Panas mengatakan... [Jawab]

makasi ya mas udah mau kasi saran, ini merupakan insiprasi aku untuk mencoba belajar...

salam kenal.!!!!

jiwasedekah mengatakan... [Jawab]

mantabs
infonya

syukron

aksansanjaya mengatakan... [Jawab]

info yang menarik mas, jadi semakin semangat untuk ber bloger ria

onlinejaya mengatakan... [Jawab]

ocelah kalo begitu.... mantap jaya....

adolescent mengatakan... [Jawab]

makasih atas tipsnya kang yogo....
mohon bantuannya...

Unknown mengatakan... [Jawab]

@rais
untuk memperlihatkan post komentar dibawah posting, masuk ke dashboard>setting>komentar.
Pilih perlihatkan komentar dibawah posting.

Unknown mengatakan... [Jawab]

@ all :
semoga bermanfaat...

AcerNoval mengatakan... [Jawab]

banyak yang kurang gimana sob ? artikel anda sudah lengkap sekali, dan alhamdulillah saya sudah mempraktekkan semua tips2 dari anda. hehe terimakasih banyak yaa :D

AcerNoval mengatakan... [Jawab]

makasih banyak gan :D
kalau tidak keberatan., dimohon komentar balik nya yaa.. terimakasih

muhammad junaedi mengatakan... [Jawab]

makasih atas infonya
klw ada waktu mampir juga di blog aq http://085216140877-mob.blogspot.com/
salam kenal

Fajri mengatakan... [Jawab]

Mantep deh......

kunjungi nlog ku ya

http://hatakefajri.blogspot.com/

plus komentar ya... ditunggu....

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives


 
Copyright © SUMBER BELAJAR |