Cara Belajar Yang Efektif

Sabtu, Agustus 22, 2009

Tujuan dari belajar yang efektif adalah mengetahui diri sendiri, kemampuan diri sendiri, proses yang diperlukan, dan minat pada apa yang ingin dipelajari. Anda yang mungkin belajar matematika dengan mudah tetapi tidak bisa belajar sepak bola, atau sebaliknya. Belajar adalah proses untuk mencapai tahap tertentu.

Berikut ini ada empat langkah untuk belajar secara efektif :
Silahkan copy pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dan mulailah jawab satu persatu.


Dimulai dengan masa lalu.
Bagaimanakah biasanya kamu belajar? Apakah kamu :
- senang membaca?
- memecahkan masalah?
- menghafal?
- bercerita / berpidato?
- mengetahui cara untuk meringkas?
- bertanya tentang apa yang kamu pelajari?
- meninjau kembali?
- punya akses ke sumber belajar?
- menyukai ketenangan?
- memerlukan waktu lama untuk belajar?

Masa sekarang.
- berminatkah pada apa yang kamu pelajari?
- berapa banyak waktu yang digunakan untuk belajar?
- adakah hal lain yang mengganggu?
- apakah aku punya rencana?

Persoalan Utama (pertimbangkan proses).
- apa yang sedang saya pelajari?
- apa kata kuncinya?
- apa saya memahaminya?
- apa yang telah saya ketahui?
- apa relefansi dengan pelajaran yang lain?
- sumber info mana yang bisa membantu?
- berapa sumber yang saya punya?
- sumber mana andalan saya?
- apa perlu sumber lain?
- apa saya mengerti waktu belajar?
- apa saya merubah tempo belajar saya?
- jika mengerti, apa saya tanya mengapa?
- apa saya berhenti dan meringkas?
- apa saya berhenti dan bertanya apa ini logis?
- apa saya berhenti dan mengevaluasi?
- apa saya butuh waktu untuk berpikir lagi?
- apa saya berdiskusi dengan "pelajar" lain?

Buat sebuah review.
- apa yang saya lakukan benar?
- apa saya bisa melakukan lebih baik lagi?
- apa rencana saya?
- apa saya disiplin dengan diri sendiri?
- apa saya berhasil?
- apa aku merayakan keberhasilanku?


Silahkan jawab pertanyaan-pertanyaan diatas, dan mudah-mudahan anda menemukan cara belajar anda sendiri.
Jika ada kritik atau saran, silahkan tulis di kolom komentar.



0 komentar:

Posting Komentar

Komentarlah sesuai dengan isi artikel. Spam akan saya hapus.

Bagi yang mau bertukar link, silahkan konfirmasi di kolom komentar.

 
 
 

Archives


 
Copyright © SUMBER BELAJAR |